Peranan Pariwisata memberantas Kemiskinan di Indonesia

Kemiskinan memang tak dapat dihindari di seluruh Negara-negara manapun di dunia , sekalipun itu banyak terjadi di Negara-negara maju. Masalah kemiskinan khususnya di Indonesia adalah salah satu masalah penting dan serius yang masih  harus di atasi oleh pemerintah. 

Menurut ""Data Statistik" angka kemiskinan di indonesia hingga bulan september 2016 mengalami keturunan menjadi 10,7 % yaitu 27,76 Juta Penduduk dibandingkan dengan angka kemiskinan hingga bulan maret 2016 yaitu mencapai 10,86 % yaitu 28,01 Juta Penduduk. Dan angka kemiskinan pada bulan september 2016 ini merupakan yang terendah sejak tahun 1970. 
 
Presentase Angka Kemiskinan di Indonesia
Kemisikinan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu yang mempengaruhi diantaranya adalah faktor pendidikan. Data pendidikan Statistik Indonesia  Pada tahun 2015 saja sekitar 52% penduduk miskin di indonesia hanya dapat menempuh pendidikan tingkat SD/SMP saja. tentu ini menjadi permasalahan  penting dan serius  bagi pemerintah guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia  sehingga semua masyarakat berhak dan mampu untuk bersaing dalam dunia kerja, ditambah dengan adanya kebijakan pemerintah untuk menghadapi  ekonomi pasar bebas, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)  tentunya para tenaga kerja indonesia siap tidak siap harus siap dan mampu bersaing dengan para tenaga kerja asing dari negara-negara asia tenggara lainnya. 

banyak cara yang dapat dilakukan pemerintah mengurangi tingkat kemiskinan diantaranya dengan, Menciptaka lapangan kerja yang mampu menyerap tenaga kerja sehingga tingkat pengangguran berkurang, Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang kurang mampu dan membutuhkan, Pemberian dana BOS (bantuan langsung tunai)  Raskin (Beras untuk rakyat miskin). Program sembako murah, pemberian modal kepada usaha  Kecil dan Menengah untuk menjalankan roda bisnis sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Menciptakan balai latihan kerja sehingga memiliki bekal kemampuan yang cukup untuk maju di dunia kerja, Menjaga kestabilan harga bahan pokok. Mempromosikan potensi tempat  wisata-wisata indonesia kepada dunia internasional

tentu ini tak semudah membalikan telapak tangan tanpa adanya kesadaran dari masyakat kita sendiri dan prilaku para pejabat-pejabat pemerintahan untuk tidak melakukan tindakan korupsi yang malah semakin membuat rakyat sengsara.

Salah satu cara untuk  mengurangi tingkat kemiskinan ialah dengan gencar-gencarnya mempromosikan potensi tempat-tempat wisata di  indonesia kepada dunia internasional,
Nahkan diprediksi pada tahun 2020 sektor pariwisata penyumbang devisa negara terbesar bagi negara.

Menurut data Badan pusat statistik provinsi bali, tingkat kemiskinan di provinsi bali turun tajam sekitar 0,51 %  dengan jumlah 174,94 ribu penduduk dibandingan kan dengan jumlah penduduk miskin pada bulan maret 2016 yang mencapai 178,18 ribu penduduk. Melihat data statistik tingkat  kemiskinan provinsi bali yang menurun tajam tentu tak dapat dipisahkan dengan kontribusi dari sektor pariwisatanya yang begitu maju dan berkembang pesat. Bali dikenal dengan keindahan pantai-pantainya yang indah sehingga  menjadikan daya tarik  para wisatawan local maupun mancanegara.


Melihat kesuksesan bali dengan penurunan angka kemiskinan yang begitu tajam  bukan tidak mungkin dapat di ikuti  oleh  provinsi-provinsi lainnya. Indonesia dianugerahi  anyak potensi kekayaan alam yang besar di setiap provinsi, sehingga menjadi  modal penting bagi pemerintah untuk mengembangkan sektor pariwisata Indonesia kepada dunia internasional.  dan tentunya perlu  sinergi dari semua pihak yaitu pemerintah, masyakat dan media.

Dengan banyaknya potensi wisata Indonesia bukan tak mungkin akan semakin banyak para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia menyumbang devisa bagi Negara, dan membantu meningkatkan  perekonomian masyarakat di sekitar tempat wisata. 




Comments

  1. nggak diragukan lagi indonesia memiliki kekayaan pariwisata yang memikat mata dunia semoga pariwisata indonesia lebih maju dan dapat menuntaskan kemiskinan........sangat memberi manfaat mbak artikelnya. jangan lupa mampir di blog saya ya => https://bengmoelyono.blogspot.co.id/2017/04/menjadi-gravitasi-saat-belajar-kelompok.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts